Submit Dokumen Akreditasi, UIN Raden Intan Lampung Targetkan Unggul


LPM UIN RIL – 30 Januari 2024

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melakukan submit dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang berlangsung di Ballroom kampus setempat, Selasa (30/01/2024).

“Di penghujung bulan Januari 2024 ini, kita melangsungkan acara yang tidak hanya sakral, namun juga sangat vital bagi kita semua untuk masa depan lembaga kita, demi tercapainya predikat Unggul,” ucap Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD.

Prof Wan mengapresiasi seluruh pihak khususnya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN RIL dan tim penyusun borang APT yang telah berjuang mendukung demi tercapainya predikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Terima kasih kepada LPM, tim borang dan seluruh pihak. Kita berjuang hadapi bersama setiap proses. Pokoknya gas pol terus sampai AL (Asesmen Lapangan), kita lakukan yang terbaik dan hadapi bersama-sama dengan penuh kesungguhan. Tentunya segala usaha ini kita tunjang dengan doa dan kiat spiritual ,” ungkapnya.

Ini pertaruhan, sambung Prof Wan, sebab menjadi sebuah kebanggaan yang tersemat bagi seluruh lapisan ketika UIN Raden Intan Lampung menjadi unggul. 

“Tetap semangat, jaga stamina, ini masih separuh perjalanan kita. InsyaAllah mudah-mudahan kita mendapatkan anugerah unggul itu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua LPM UIN Raden Intan, Dr Andi Thahir MA, menuturkan bahwa kebijakan Rektor untuk melakukan submit dokumen APT pada Januari 2024 adalah sangat tepat. Mengingat diterbitkannya Permenristekdikti No 53 Tahun 2023 dimana terjadi perubahan secara fundamental tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi.

“Maka menurut kami sudah sangat tepat kiranya Pak Rektor mengambil kebijakan untuk submit dokumen APT pada Januari 2024 dalam tempo sesingkat-singkatnya,” tuturnya.

Dr Andi mengatakan bahwa UIN Raden Intan Lampung saat ini telah mengantongi 8 prodi unggul, “Semoga prodi lain bisa menyusul, sehingga bukanlah tidak mungkin kita akan menapaki milestone ke-3 yaitu pencapaian akreditasi internasional di tahun 2025.”

Di kesempatan yang sama, Koordinator Tim Penyusun Borang APT UIN Raden Intan, Dr Jamal Fakhri MAg mengatakan bahwa perjalanan pada tahapan submit dokumen APT masih pada 50% hingga saat nantinya yaitu tahapan asesmen lapangan.

“Setelah submit, masih ada simulasi sebanyak 3 kali oleh tim asesor internal,” ucapnya.

Ia berharap apa yang sudah dipersiapkan ini nantinya bisa mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan penilaian dari tim asesor eksternal. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor III, Kepala Biro AAKK/ Plt. AUPK, Ketua dan Sekretaris senat, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, sejumlah Kepala Pusat, Kabag dan Koordinator, serta Kaprodi dan Sekprodi Fakultas di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. (An/AH)