PTKIS Wilayah Lampung Ikuti Bimtek Aplikasi Sister


Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Sebagai Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) / Kopertasi XV, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di PTKIS wilayah Lampung. 

Melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), UIN RIL menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER), Sabtu (22/06/2024).

Bimtek ini diikuti oleh 68 peserta yang berasal dari 34 PTKIS se-Provinsi Lampung. Hadir pula sebagian Koordinator dan Kabag Fakultas dalam giat ini.

Sebelumnya, UIN RIL juga telah mengadakan Bimtek serupa bagi Dosen di lingkungan UIN RIL bersamaan dengan penyelenggaraan Bimtek IKU Perguruan Tinggi yang dihadiri oleh LLDIKTI II beberapa waktu lalu.

Ketua LPM UIN RIL Dr Andi Thahir MA, dalam sambutannya mengatakan, Bimtek ini diadakan untuk memfasilitasi  PTKIS yang mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi Sister. Peserta dapat berdiskusi secara langsung oleh narasumber yang dihadirkan dari Tim Pokja PDDIKTI Kementerian Agama, Alip Nuryanto SSosI MHum.

Andi menyebut, penggunaan Aplikasi Sister tersebut tidak dapat dihindari, karena mengacu pada Permendikbud Ristek No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan untuk menuju Indonesia Satu Data.

“Maka dengan ini sangat penting dapat melibatkan dan berkolaborasi dengan Kopertais untuk sama-sama maju demi mutu pendidikan yang berkualitas,” ujar Andi.

Senada dengan hal tersebut, Rektor UIN RIL selaku Ketua Kopertais XV dalam kesempatan ini diwakili Wakil Rektor III Prof Dr H Idrus Ruslan MAg mengatakan,  UIN RIL berkomitmen untuk membantu PTKIS di wilayah Lampung dalam meningkatkan mutu pengelolaan data pendidikan tinggi. 

Ia menghimbau kepada seluruh peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan memanfaatkannya untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan Sister.

Adapun narasumber  memberikan pemaparan tentang Pengelolaan PDDikti pada Perguruan Tinggi, Pedoman Teknis Penggunaan Aplikasi Sister, Sister pada Layanan BKD, dan Sister pada Layanan Serdos.

Acara ini adalah inisiasi yang diberikan oleh kampus agar para dosen memiliki akun Sister yang bermanfaat dalam pengembangan karir dosen, misalnya proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen.

Melalui Sister, portofolio pengembangan karir dosen bisa tertata dengan sempurna. Dengan demikian, kegiatan pengembangan karir dosen bisa berjalan dengan baik. (An/AH)