Launching & Sosialisasi Aplikasi Survei Kepuasan Layanan UIN Raden Intan Lampung


LPM UIN RIL – 09 Desember 2022

Aplikasi Survei Kepuasan Layanan Institusi UIN Raden Intan Lampung yang diinisiasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) serta melibatkan Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas & Pascasarjana, Tim PTIPD (Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) resmi diluncurkan, Jumat (09/12/2022). Aplikasi yang dapat diakses melalui laman survey.radenintan.ac.id ini, diluncurkan oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. H. Wan Jamaluddin Z, M.Ag., PhD. sekaligus membuka kegiatan Launching dan Sosialisasi Aplikasi Survei di Ballroom kampus setempat.

Rektor berharap agar setiap unit kerja senantiasa meningkatkan kinerja dan pelayanan secara berkesinambungan, “supaya institusi ini benar-benar menjadi salah satu PTKI yang maju, unggul dan kompetitif dalam melahirkan kader-kader terbaik bangsa,” pungkasnya. Hal ini mengingat bahwa survei yang dilaksanakan merupakan salah satu alat evaluasi dari hasil kualitas pelayanan institusi. “Hasil survei harus menjadi cermin dan tolok ukur untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh setiap unit kerja,” tegas beliau.

Adapuan tujuan dari rangkaian kegiatan ini adalah untuk standarisasi, digitalisasi, launching, sosialisasi, dan implementasi sembilan kelompok jenis survei yang terdiri dari 10 (sepuluh) instrumen survei untuk memenuhi standar nasional pendidikan tinggi. Semua instrumen survei tersebut seperti berikut:

  1. Survei terhadap kepuasan layanan menejemen institusi, terdiri dari:
    • Kepuasan mahasiswa terhadap layanan sarana dan prasarana, proses pendidikan dan pembelajaran
    • Kepuasan dosen dan tendik terhadap layanan pengelolaan dan pengembangan SDM.
  2. Survei kepuasan mitra kerjasama terhadap institusi
  3. Survei kepuasan alumni terhadap institusi
  4. Survei terhadap kepuasan sivitas akademika terhadap pengelola keuangan, terdiri dari:
    • Kepuasan mahasiswa terhadap pengelolaan keuangan dan sarana/prasarana institusi
    • Kepuasan dosen dan tendik terhadap pengelolaan keuangan dan sarana/prasarana institusi
  5. Survei kepuasan dosen dan mitra penelitian terhadap kegiatan penelitian
  6. Survei kepuasan dosen dan mitra pengabdian terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  7. Survei kepuasan pengguna lulusan
  8. Tracer Study (Waktu tunggu lulusan, Kesesuaian Bidang Kerja Lulusan, Tempat kerja lulusan)
  9. Survei terhadap kepuasan layanan unit kerja untuk semua unit kerja dilingkungan UIN Raden Intan Lampung (23 instrumen unit kerja).
Jajaran Pimpinan sedang simulasi menggunakan Aplikasi Survei

Ketua LPM, Dr. Sudarman, M.Ag. menyebutkan bahwa peluncuran aplikasi ini adalah salah satu bentuk implementasi program secara nyata yang terkait dengan fokus utama kinerja kepemimpinan UIN Raden Intan Lampung saat ini, yaitu internasionalisasi, digitalisasi, dan kemandirian kampus. Beliau berharap standarisasi dan digitalisasi instrumen survei ini ke depannya akan mempermudah pelaksanaan survei di kalangan internal dan eksternal, sebagai jaminan bahwa seluruh standar yang ditetapkan berjalan dengan baik serta menjadi tolok ukur upaya perbaikan secara berkelanjutan.

Kepala Pusat (Kapus) Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa LPM UIN Raden Intan Lampung, Syafrimen, M.Ed., PhD. menjelaskan bahwa untuk responden internal dapat mengisi survei pada laman survei.radenintan.ac.id sementara untuk responden eksternal dapat mengisi survei pada laman survey.radenintan.ac.id/publik.