Alhamdulillah! UIN Raden Intan Lampung Peroleh Predikat Unggul


Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Alhamdulillah. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) berhasil meraih predikat akreditasi Unggul dalam Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pencapaian membanggakan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No 1212/SK/BAN-PT/Ak/PT/VI/2024 yang diterbitkan pada tanggal 25 Juni 2024. 

Prestasi ini merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung dalam mewujudkan visi menjadi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas raihan ini. Ia mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen UIN Raden Intan Lampung untuk terus meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi.

“Alhamdulillah, atas kerja keras dan dedikasi seluruh sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung, kita akhirnya berhasil meraih predikat Unggul dalam Akreditasi Perguruan Tinggi. Prestasi ini merupakan bukti nyata komitmen UIN Raden Intan Lampung untuk terus meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi dan siap menjadi rujukan internasional,” ujar Prof Wan Jamaluddin.

Rektor menambahkan, raihan ini menjadi motivasi bagi UIN Raden Intan Lampung untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas layanan pendidikannya.

“Pencapaian ini bukan berarti kita sudah sampai di puncak. Kita harus terus berbenah dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan agar UIN Raden Intan Lampung semakin maju dan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung, Indonesia dan Internasional,” tambah Rektor.

UIN Raden Intan Lampung terus berkomitmen menjadi kampus yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Prestasi ini diharapkan menjadi pemicu semangat bagi seluruh sivitas akademika untuk terus berkarya dan membawa nama UIN Raden Intan Lampung ke kancah global.

Menuju Rujukan Internasional

Menyambut raihan Unggul ini, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Intan Lampung, Dr Andi Thahir MA mengatakan, pencapaian ini merupakan langkah awal menuju pengakuan internasional.

“Sesuai dengan agenda RIP (Rencana Induk Pengembangan), awal tahun depan UIN Raden Intan memasuki milestone ke-3 yaitu rekognisi internasional, juga menghadapi perubahan sistem penjaminan mutu internal berdasarkan Permendikbud Ristek No 53 Tahun 2023 yang pemeringkatan akreditasi hanya Terakreditasi,  Unggul, dan Internasional,” jelas Andi.

Maka, sesuai dengan milestone tersebut, Andi mengatakan UIN Raden Intan Lampung selanjutnya melakukan persiapan untuk akreditasi internasional pasca raihan Unggul dari BAN PT ini. 

Sebagai bentuk komitmennya, UIN Raden Intan Lampung sedang menargetkan realisasi akreditasi internasional untuk prodi-prodi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melalui lembaga akreditasi ASIIN dan IACBE.

UIN Raden Intan Lampung terus menunjukkan komitmennya menjadi kampus yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. (An/AH)